Pada saat F9F Cougar melakukan terbang perdana pada tanggal 20 September 1950, Grumman sebenarnya sudah mulai merancang jet tempur baru untuk menggantikan F9F Panther dan F9F Cougar. Fighter baru yang memiliki kemampuan terbang supersonik tersebut adalah F11F Tiger yang kemudian melakukan terbang perdana pada tanggal 30 Juli 1954.
F11F Tiger adalah fighter yang cukup mudah untuk diterbangkan dan mudah untuk dirawat, Namun mesin turbojet Wright J65 yang digunakan oleh pesawat ini ternyata sering mengalami masalah dan kurang bertenaga sehingga mengurangi jarak tempuh dan kemampuan terbang F11F. Sebagai akibatnya pesawat ini hanya diproduksi sebanyak 200 unit dan hanya digunakan sebagai fighter selama empat tahun saja, yaitu dari tahun 1957 sampai dengan tahun 1961 dan kemudian digantikan oleh F-8 Crusader.
Dianggap tidak layak sebagai fighter, F11F Tiger kemudian digunakan sebagai pesawat latih sampai dengan tahun 1967. Namun pesawat ini memiliki kemampuan manuver yang cukup baik sehingga kemudian digunakan oleh team aerobatik Blue Angels mulai tahun 1957 sebelum akhirnya digantikan oleh F-4 Phantom pada tahun 1969.
Specifications (F11F-1) :
Crew : 1
Length : 14.31 m
Wingspan : 9.64 m
Height : 4.03 m
Empty weight : 6,091 kg
Maximum take-off weight : 10,052 kg
Powerplant : 1 x 7,450 lb (3,379 kg) thrust Wright J65-W-18 turbojet engine
Maximum speed : 1,207 km/h
Range : 2,044 km
Service ceiling : 12,770 m
Rate of Climbing : 1,565 m/minute
Armament : 4 x 20mm cannons and 4 x AIM-9 Sidewinder air-to-air missiles
No comments:
Post a Comment