Sunday, April 24, 2011

Carro Valoce CV33 Tankette

Carro Valoce CV33 Tankette

CV33 adalah tankette (tank ringan yang biasanya berukuran kecil, bersenjata ringan, dan dengan lapisan baja yang tipis. Digunakan untuk tugas-tugas dukungan infantri dan pengintaian) milik pasukan Italia. Diproduksi pada tahun 1933-1935 dengan jumlah produksi mencapai lebih dari 2.000 unit.

CV33 diawaki dua orang. Ranpur seberat 3,4 ton ini menggunakan mesin SPA CV3 berkekuatan 43 tenaga dengan kecepatan maksimum 42km/jam dan jarak tempuh 125km. Pada varian awal ranpur ini hanya dipersenjatai dengan sepucuk senapan mesin kaliber 6,5mm. Namun pada varian selanjutnya dipersenjatai dengan senapan mesin laras ganda kaliber 8mm. Selain varian standar dengan persenjaatan senapan mesin, CV 33 juga dibuat dalam versi flame thrower.

Ranpur ini pertama kali digunakan dalam perang saudara Spanyol, kemudian digunakan dalam Perang Dunia II. Banyak digunakan dalam operasi militer Italia di Afrika Utara dan daerah Balkan. Namun ranpur ini tidak berdaya menghadapi pasukan lapis baja Inggris. Lapisan baja yang tipis dan hanya dipersenjatai dengan senapan mesin menjadi kelemahan utama ranpur ini.

No comments:

Post a Comment