Thursday, October 20, 2011

KRI Pulau Rengat Laksanakan Glagaspur Tingkat 1


20 Oktober 2011, Surabaya (Dispenarmatim): Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pulau Rengat-711 melaksanakan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat 1 di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya Kamis, (20/10). Personel yang bertugas di kapal perang tersebut melaksanakan kegiatan peran-peran di pos tempur masing-masing sesuai dengan peralatan tempur yang yang diawaki. Seluruh personel menjalankan tugas dengan serius dan penuh semangat tempur yang tinggi sebagai prajurit matra laut yang handal dan profesional.

Glagaspur tingkat 1 dilaksanakan selama satu bulan dengan rangkaian tes uji tulis di Komando Latihan (Kolat) Koarmatim, pelajaran mengenai tugas-tugas dan tanggung jawab pengawak peralatan dikapal serta latihan peran tempur ditempat. Dalam latihan ini seluruh kegiatan diawasi oleh tim penilai dari Kolat Koarmatim untuk memantau kesiapan personel saat menjalankan tugas dikapal dan menilai kesiapan dan profesionalisme personel dalam penguasaan peralatan yang diawaki.


Secara global peran-peran yang mereka laksanakan meliputi beberapa tahap yaitu Peran Operatif, Administratif, Khusus serta Peran Darurat. Lebih spesifik KRI Pulau Rengat memiliki fungsi pokok dalam peran Operatif yaitu saat peran tempur melewati medan ranjau, disini tugas yang diemban adalah melaksanakan penyapuan ranjau yang telah terdeteksi dan pemburuan ranjau yang belum diketahui.

Istilah lain dari glagaspur tingkat 1 yaitu L-1 yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. KRI Pulau Rengat merupakan kapal buru ranjau buatan Belanda yang berada di jajaran Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmatim meiliki fungsi strategis dalam pelaksanaan operasi amfibi yang berada digaris depan diantara formasi kapal-kapal perang lainnya.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment