DESKRIPSI:
Sukhoi Su-33 adalah versi kapal induk dari Su-27 yang semula didesain untuk beroperasi pada kapal induk utama Uni Soviet. Untuk memenuhi kebutuhan operasi di kapal induk, su-33 mempunyai airframe yang lebih kuat, anti korosi, roda penangkap, mesin yang lebih bertenaga dan sayap yang dapat ditekuk untuk kemudahan penyimpanan di atas kapal induk. Su-33 juga merupakan varian Su-27 pertama yang memakai canard untuk meningkatkan manuberabilitas serta mengurangi jarak take-off dan kecepatan saat mendarat.
Su-27K, desain awal dari Su-33, pada awalnya dikembangkan untuk AL Soviet bersama dengan MiG-29K. Diharapkan kedua pesawat ini digunakan untuk operasi kapal induk. Akan tetapi, ehancuran Uni Soviet meninggalkan hanya satu Kapal induk kelas Kuznetsov , sehingga hanya satu pesawat yang diputuskan untuk dikembangkan. Walaupun lebih mahal dan ukurannya lebih besar (sehingga sedikit pesawat yang akan muat dalam kapal induk), AL Soviet memilih Su-27K. Sekitar 24 pesawat yang sekarang dikenal sebagai Su-33 oleh Sukhoi. Sayangnya, karena kekurangan dana menyebabkan Soviet tidak lagi memakai kapal induk dan pesawat ini sekarang beroperasi dari pangkalan dekat pantai.
Pengembangan selanjutnya adalah pesawat latih dua tempat duduk Su-27KUB atau Su-33UB yang memiliki susunan tempat duduk berdampingan seperti Su-34.
HISTORY:
First Flight: (Su-27K) May 1985; (Su-27KUB) 29 April 1999
Service Entry: 1994
CREW: one: pilot
DIMENSIONS:
Length: 71.92 ft (21.94 m)
Wingspan: 48.17 ft (14.70 m)
Height: 19.42 ft (5.92 m)
Wing Area: 666 ft2 (62.0 m2)
Canard Area: unknown
WEIGHTS:
Empty: 35,275 lb (16,000 kg)
Normal Takeoff: 49,605 lb (22,500 kg)
Max Takeoff: 70,545 lb (32,000 kg)
Fuel Capacity: internal: 20,725 lb (9,400 kg); external: unknown
Max Payload: 14,330 lb (6,500 kg)
PROPULSION:
Powerplant: two Saturn/ Lyul'ka AL-31F afterburning turbofans
Thrust: 61,730 lb (274.6 kN)
PERFORMANCE:
Max Level Speed: at altitude: 1,430 mph (2,300 km/h) at 32,780 ft (10,000 m), Mach 2.17; at sea level: 870 mph (1,400 km/h), Mach 1.1
cruise speed: 870 mph (1,400 km/h) at 32,780 ft (10,000 m)
Initial Climb Rate: 45,235 ft (13,800 m) / min
Service Ceiling: 55,720 ft (17,000 m)
Range typical: 1,620 nm (3,000 km)
ferry: unknown
g-Limits: +9
ARMAMENT:
Gun: one 30-mm GSh-301 cannon (149 rds)
Stations: ten external hardpoints and two wingtip rails
Air-to-Air Missile: R-27/AA-10 Alamo, R-73/AA-11 Archer, R-77/AA-12
Air-to-Surface Missile: Kh-25MP/AS-12 Kegler, Kh-31/AS-17 Krypton, Kh-41
Bomb: various
Other: rocket pods, ECM pods
KNOWN VARIANTS:
T-10K: Prototype of the Su-27K
Su-27K 'Flanker-D': Official designation of the Su-33 used by the Russian Navy
Su-33 'Flanker-D': Production model with canards, strenthened structure, folding wings and tailplanes, arrester hook, uprated engine, corrosion protection, an in-flight refueling probe, and other modifications to make the aircraft suitable for carrier operations; approximately 24 built
Su-33UB or Su-27KUB: Side-by-side two-seat combat-capable trainer similar to the Su-32 or Su-34 but retaining the more rounded nose of the Su-33
KNOWN COMBAT RECORD: none
KNOWN OPERATORS: Russia, Aviatsiya Voyenno-Morskoyo Flota (Russian Naval Aviation)
j3fr1 is offline
No comments:
Post a Comment